by

Video Simulasi Lintasan Sirkuit Mandalika

Melalui akun instagram ITDC dan YouTube, video simulasi lintasan sirkuit MotoGP Mandalika pun kini telah dirilis. Dalam video tersebut, terlihat simulasi nyata balapan di lintasan MotoGP Mandalika. Desain itu dibuat dengan animasi tiga dimensi, sehingga tampak benar-benar menyerupai balapan aslinya.

Proses homologasi (penyesuaian desain dengan kondisi lapangan) atas desain awal sirkuit MotoGP Mandalika oleh FIM sudah selesai dilakukan. Beberapa perubahan terjadi terhadap desain awal sirkuit tersebut. Kendati tidak terlalu signifikan, salah satunya soal jumlah tikungan yang berkurang dari semula 18 tingkungan menjadi 17 tikungan.

Kemudian dari panjang lintas, semula direncanakan 4,3 km menjadi 4,1 km. Pihaknya ITDC pun secara resmi sudah merilis desain final sirkuit MotoGP Mandalika tersebut untuk keperluan promosi. ‘’Desain sirkuit MotoGP Mandalika sudah final. Setelah melalui proses homologasi oleh FIM,’’ ungkap VP Corporate Secretary ITDC, Miranti Nasti Rendranti, Selasa (24/12).

Lewat video ini, para pecinta MotoGP bisa mendapatkan gambaran seperti apa dinamika membalap pada MotoGP Mandalika tahun 2021 mendatang.

Dengan telah tuntasnya desain sirkuit tersebut, maka pihak ITDC kini bisa fokus pada proses pembangunan sirkuit jalan raya pertama untuk event MotoGP tersebut. Karena memang pihaknya tidak punya waktu untuk bersantai. Mengingat, gelaran MotoGP Mandalika sendiri sudah semakin dekatnya.

‘’Kami hanya punya waktu setahun untuk bisa menyelesaikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika. Jadi proses pembangunanya harus cepat dan tepat sesuai schedule yang sudah disusun,’’ jelasnya.

Untuk jadwal balapan, Miranti mengaku belum ada. Biasanya jadwal balapan baru akan diumumkan pada bulan Agustus setahun sebelum balapan digelar. Jadi untuk jadwal balapan di sirkuit MotoGP Mandalika yang digelar tahun 2021, akan diumumkan di bulan Agustus tahun 2020 mendatang. Dan, itu sepenuhnya kewenangan ada ditangan pihak Dorna, selaku pemegang lisensi gelaran MotoGP.

Ia menjelaskan, sirkuit MotoGP Mandalika akan menggelar dua event balap utama. Selain MotoGP juga ada Superbike. Tidak menutup kemungkinan juga akan ada event-event balapan dunia lainnya. ‘’Yang pasti kita sudah pegang lisensi gelaran MotoGP serta Superbike selama lima tahun. Diantara kedua event balap tersebut bisa juga ada event balap lainnya,’’ tandasnya.

News Feed