by

Kenapa Sirkuit Mandalika Dicoret dari Lokasi Uji Coba Pramusim MotoGP 2023

Sirkuit Mandalika dicoret dari lokasi uji coba pramusim MotoGP 2023. Arena di Nusa Tenggara Barat itu digantikan Sirkuit Algarve, Portugal.

Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah uji coba pramusim MotoGP 2022. Lintasan tersebut menemani Sirkuit Sepang, Malaysia, yang juga jadi lokasi uji coba.

Namun, seperti pada rilis resmi MotoGP, Senin (8/8/2022), uji coba pramusim musim 2023 tidak akan berlangsung di Sirkuit Mandalika.  Sebab pramusim akan diadakan di Sirkuit Sepang dan Sirkuit Algarve.

Rencananya, uji coba pramusim akan dimulai dengan pengetesan awal atau Shakedown. Menurut jadwal, shakedown akan berlangsung di Sirkuit Sepang pada 5-7 Februari 2023.

Uji coba shakedown sendiri tidak akan diikuti oleh semua pembalap. Hanya penguji coba dan debutan saja yang diperkenankan untuk ikut serta pada shakedown selama tiga hari.

Sementara uji coba pramusim sendiri akan dimulai pada 10 hingga 12 Februari 2023. Baru pada uji coba kali ini, seluruh pembalap MotoGP diperkenankan untuk menjajal tunggangannya.

Kemudian pada uji coba pramusim kedua, lokasinya berpindah. Jika musim lalu di Sirkuit Mandalika, kini dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal pada 11 dan 12 Maret 2023.

Bukan tanpa alasan uji coba pramusim berlangsung di Sirkuit Algarve. Pasalnya, balapan pembuka MotoGP 2023 dijadwalkan berlangsung di lintasan sepanjang 4,5 km tersebut.

News Feed