by

Kalender MotoGP 2023, Kapan Jadwal GP Mandalika?

MotoGP Indonesia akan kembali merapat ke Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara barat. Lalu kapan Marc Marquez dan kawan-kawan mengaspal di Mandalika lagi? Ini bocorannya.

FIM MotoGP World Championship sudah merilis kalender seri pembuka balapan musim 2023 yang sifatnya masih sementara alias provisional calendar. Para rider MotoGP akan memulai musim dengan menggeber motor di Autodromo Internacional do Algarve, Portugal pada 24-26 Maret 2023.

Untuk seri MotoGP Mandalika belum ada pengumuman resmi, Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan Mandalika tidak digelar pada awal musim. Dia menyebut seri MotoGP Mandalika kemungkinan dihelat pada pertengahan seri atau akhir.

“Kalender 2023 belum dikeluarkan, yang pasti kita tidak di awal. Karena di awal buat kita susah, karena ada bulan Ramadhan, Puasa, Lebaran, menyulitkan buat marshall dan penonton. Jadi kita minta di tengah-tengah sampai akhir-akhir,” kata Andhi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

“Saya cuma bilang kalau bisa tidak di depan, mereka sudah setuju. Sisanya mereka atur, rutenya bagaimana,” tambah dia.

Seperti diketahui MotoGP Mandalika 2022 sudah sukses digelar pada Maret lalu. Meski diguyur hujan deras, para rider tetap lanjut mencicipi sirkuit baru kebanggaan Indonesia tersebut. Miguel Oliveira mencatatkan sejarah sebagai pebalap MotoGP pertama yang memenangkan balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Untuk seri kalender sementara lain yang sudah dibocorkan ialah MotoGP Silverstone, Inggris. Balapan di tanah kelahiran pangeran William ini dijadwalkan berlangsung pada 4-6 Agustus 2023.

Dorna merilis jadwal tes pramusim untuk MotoGP 2023. Namun, di dalamnya, tak ada nama Sirkuit Mandalika. Padahal, tahun 2022 Mandalika menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP setelah Sepang, Malaysia.

Berdasarkan jadwal sementara yang dirilis MotoGP, Sirkuit Mandalika digantikan Sirkuit Portimao, Portugal, yang akan menemani Sikruit Sepang, Malaysia, sebagai tuan rumah tes pramusim tahun depan.

News Feed