by

Ini Asal Usul Sejarah Nama Mandalika

Nama Mandalika diambil dari cerita legenda masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Menurut kisah, putri Mandalika yang cantik jadi incaran banyak pemuda, bahkan pangeran.

Sang Raja pun meminta Putri Mandalika untuk memilih lamaran siapa yang akan diterima. Ia pun pergi bersemedi untuk memilih yang terbaik dari semua lamaran yang datang.

Sampai lah pada keputusan. Ia meminta semua orang, termasuk pangeran dan pemuda yang melamarnya berkumpul di pantai Putri Nyale yang juga dikenal sebagai pantai Seger (kuta Lombok).

Ia berdiri di atas batu besar dan menyampaikan beberapa kata. Dalam ucapannya, ia berharap agar tidak ada perpecahan atau peperangan karena memperebutkan dirinya.

Namun, Putri Mandalika tak mau menerima satupun pinangan para pemuda tersebut. Ia memilih melompat ke laut dari bukit tersebut.

Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai.

Kondisi ini terjadi satu tahun sekali. Bertepatan dengan itu, kemudian digelar festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut. Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Festival Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

News Feed