by

Francesco Bagnaia Dapat Rp 77,8 M Usai Juara Dunia MotoGP 2022

Rider Ducati Francesco Bagnaia pastinya tersenyum lebih lebar setelah merebut titel juara dunia MotoGP 2022. Pundi-pundi Bagnaia praktis semakin tebal.

Bagnaia melengserkan Fabio Quartararo dari singgasana juara dunia tahun ini setelah finis kedelapan di seri pamungkas di Valencia, awal bulan ini. Pebalap Italia itu menuntaskan dengan perolehan 265 poin, unggul 17 poin dari Quartararo di klasemen akhir.

Sejumlah torehan lantas mengikuti kesuksesan Bagnaia itu. Dia menjadi Italiano pertama yang berhasil memenangi kejuaraan dunia kelas premier sejak terakhir dicapai Valentino Rossi (2009), dan memutus puasa juara dunia Ducati selama 15 tahun. Selain itu pebalap asal Turin tersebut juga menjadi satu-satunya rider Italia yang menjadi juara dunia di atas tunggangan Italia.

Adapun apresiasi dalam bentuk hadiah uang diberikan kepada Francesco Bagnaia. Laporan La Republicca mengungkapkan, Bagnaia mengantongi setidaknya 4,81 juta euro (Rp 77,8 miliar) dalam bentuk gaji plus bonus-bonusnya.

Dilansir Crash, Bagnaia digaji Ducati sebesar 2,5 juta euro per tahun (Rp 40,45 miliar). Sebanyak 1,5 juta euro ditambahkan sebagai hadiah menjadi juara dunia MotoGP (Rp 24,27 miliar), dan bonus total sebesar 810 ribu euro (Rp 13,1 miliar).Bonus tersebut didapatkan dari hasil tujuh kali menjadi pemenang seri, yang masing-masing kemenangan dihargai 100 ribu euro (Rp 1,61 miliar), dan tambahan sebanyak 110 ribu euro dari hasil sekali finis kedua dan dua kali finis ketiga digabungkan (Rp 1,77 miliar).

Adapun hadiah berupa mobil BMW M3 Competition Touring dengan XDrive diberikan kepada Bagnaia dari sponsor-sponsornya.

Francesco Bagnaia akan mencoba mempertahankan gelar juara dunia MotoGP di musim 2023, yang dimulai di Portugal pada Maret mendatang. Namun, Bagnaia lebih dulu akan menguji motor baru Ducati di tes pramusim dingin Sepang dan Portimao.


EUR 1 = Rp 16.181

News Feed