by

Dorna Sports Lebih Pilih Sirkuit Sepang daripada Sirkuit Mandalika

Dorna Sports sebagai promotor MotoGP telah mengumumkan jadwal tes pra musim MotoGP 2023, sayangnya sebagai promotor Dorna lebih memilih Sirkuit Sepang, ketimbang Sirkuit Mandalika dalam jadwal tes pra musim maupun tes shake down.

Sepertu dikutip dari laman resmi MotoGP, sehingga Sepang masih tetap menyelenggarakan tes pra masuom, sedangkan Sirkuit Mandalika, digantikan Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal sebagai venue alias tempat tes pramusim untuk tahun 2023 mendatang.

Tidak hanya menggelar tes untuk kelas utama MotoGP, Sirkuit Algarve juga akan menggelar tes pramusim pada kelas Moto2 dan Moto3. Selain itu, MotoGP Portugal juga akan menjadi balapan seri pembuka MotoGP 2023 yang akan berlangsung pada 24-26 Maret.

Sementara sirkuit Sepang masih tetap menjadi pilihan Dorna Sports, dalam menggelar Shakedown test yang hanya dihadiri oleh pembalap rookie dan pembalap tes, dan uji coba pramusim pada tahun depan.

Berkaca dari tes pramusim yang digelar di Mandalika pada bulan Februari lalu, lintasan sepanjang 3,7 kilometer itu memang dibanjiri keluhan oleh para pembalap. Mereka menilai, kala itu trek Sirkuit Mandalika sangat kotor karena dipenuhi pasir dan kerikil yang masuk ke dalam lintasan.

Maklum saja, pada tes pramusim lalu, pembangunan sirkuit Mandalika belum sepenuhnya rampung. Lagipula tes pramusim MotoGP 2022 pada saat itu jadi kali pertama Mandalika menggelar event Internasional setelah dibangun.

Namun sirkuit Mandalika mampu berbenah dalam kurun waktu satu bulan setelahnya yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022 seri ketiga.

– Tes Shakedown (Sepang) : 5 – 7 Februari 2023

– Tes Pramusim I (Sepang): 10 – 12 Februari 2023

– Tes Pramusim II (Portimao) : 11 – 12 Maret 2023

– Tes Moto2 dan Moto3 (Portimao) : 17 – 19 Maret 2023

News Feed