by

Demi Bertahan di MotoGP, Alex Rins Rela Perkuat Tim Satelit di MotoGP 2023

Keputusan Suzuki meninggalkan MotoGP pada tahun depan memunculkan pertanyaan atas masa depan Rins dan Joan Mir.

Keduanya dikabarkan telah melakukan komunikasi dengan beberapa tim yang dianggap sesuai dengan visi mereka di MotoGP.

Namun, belum ada kepastian mengenai masa depan Rins dan Mir, mengingat setiap pabrikan saat ini sedang berpikir untuk membuat skuad terbaik musim depan.

Kepada Motorsport.com, Alex Rins mengungkapkan rencana masa depannya di MotoGP, dan menegaskan akan berjuang keras bertahan di kejuaraan.

“Masalahnya adalah saat ini ada dua pembalap tambahan di pasar dan itu tidak mudah,” kata Rins.

“Banyak hal yang dikatakan, bahkan sebelum hengkangnya Suzuki diumumkan, dikabarkan Joan akan bergabung dengan Honda.

“Jika situasinya seperti itu, kesepakatan antara keduanya sudah diumumkan, tetapi tidak seperti itu, itu semua tidak mudah.

“Anda harus memberi tim sedikit waktu, tidak mudah untuk merekrut dua pembalap secara tiba-tiba, saya mengatakan seperti itu karena ini tidak ada dalam rencana tim atau kami.”

Dalam Grand Prix Prancis di Sirkuit Le Mans, Alex Rins mengatakan telah membuka pembicaraan dengan sejumlah tim.

“Di Prancis, manajer saya bertemu dengan sejumlah tim dan melihat apakah di Montmelo atau di Jerman, kami akan mendapatkan berita bagus. Tapi, untuk saat ini segalanya masih sama, tidak ada yang baru,” ujarnya.

Untuk seorang pembalap yang sejak awal datang ke MotoGP bergabung bersama tim pabrikan, pastinya akan mencari posisi yang sama jika harus pindah tim.

Namun, itu tak mudah karena pabrikan lain juga memiliki kandidat sendiri untuk mengisi kursi di tim mereka. Tim satelit menjadi peluang yang sangat besar bagi Alex Rins dan Joan Mir, meski akan ada pertimbangan dari tim-tim tersebut.

“Secara pribadi, saya ingin berada di tim pabrikan, saya tidak akan berbohong kepada Anda,” ujarnya.

“Jika tidak dalam tim pabrikan, setidaknya terikat kontrak secara langsung dengan pabrikan, tanpa meremehkan tim satelit, karena ternyata satelit tiga tahun lalu tidak sama dengan hari ini.

“Jadi kita lihat saja, jujur hanya ada satu tempat di tim pabrikan (KTM) yang tersedia, jadi kalau harus memperkuat tim satelit, saya tidak masalah. Lebih baik itu daripada di rumah.”

Alex Rins sebenarnya pilihan yang bagus di pasar pembalap jika dalam situasi normal. Tapi, dalam kondisi seperti ini, sangat sulit bagi siapa pun untuk menentukan pilihan.

“Sekarang saya harus tenang ketika kami mulai bernegosiasi lebih intensif. Itu akan menjadi tantangan yang bagus untuk tetap tenang,” ucapnya.

“Saya merasa kuat secara mental dan saya pikir kami bisa menangani ini. Kami akan lebih fokus pada karier olahraga kami dan apa yang sedang kami jalani, sambil melihat bagaimana kelanjutannya.”

News Feed