by

Celestino Vietti Bakal Gabung Yamaha atau Ducati?

Pembalap Mooney VR46 Racing Team Moto2, Celestino Vietti, tak malu-malu lagi mengungkapkan keinginannya untuk naik ke MotoGP pada 2023 mendatang. Namanya bahkan sudah masuk dalam kehebohan masa silly season, namun rider yang akrab disapa ‘Cele’ ini mengaku tak mau buru-buru dalam mengambil keputusan.

Anggota VR46 Riders Academy ini menjalani debut Moto3 pada 2018 bersama Sky Racing VR46, menggantikan Nicolo Bulega yang cedera. Meski hanya ikut empat seri, ia secara sensasional finis ketiga dan naik podium di Seri Australia. Padahal, sebelumnya ia sama sekali tak pernah balapan di luar Eropa, terutama di Sirkuit Phillip Island.

Ia dapat kontrak penuh di Moto3 pada 2019, dan prestasi terbaiknya adalah peringkat 5 pada 2020. Selama di Moto3, Vietti mengoleksi 8 podium dan 2 kemenangan. Ia naik ke Moto2 pada 2021, namun puasa podium. Tahun ini, ia lebih garang. Dalam enam seri, ia meraih 4 podium dan 2 kemenangan, serta tengah duduk di puncak klasemen.

Performa apik Vietti ini membuatnya diincar tim-tim MotoGP. “Saya dengar orang-orang membicarakan hal ini. Kami memang sudah menjalani enam GP, namun kami juga ‘baru’ menjalani enam GP. Segalanya masih bisa berubah. Saya harap bisa ambil keputusan soal ini selambat mungkin,” ujarnya via Speedweek, Kamis (5/5/2022).

“Saya sangat ingin memperebutkan gelar dunia di Moto2 dan memahami kategori ini dengan sangat baik. Ini kelas yang kompleks, yang juga sangat penting untuk promosi ke MotoGP. Saya tak mau ambil keputusan terlalu dini, karena Anda takkan tahu apa yang bisa terjadi pada akhirnya,” lanjut anak didik Valentino Rossi ini.

Vietti bahkan mengaku tak ambil pusing melihat fakta bahwa tren kontrak MotoGP ditandatangani oleh tim dan pembalap pada awal musim. “Sayangnya, kontak-kontrak yang ada kerap ditandatangani terlalu dini. Tapi saya harap bisa ambil keputusan nanti-nanti saja, mungkin pada musim panas,” ungkapnya.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, juga sudah menyatakan ketertarikan pada Vietti dan ingin meletakkannya di WithU Yamaha RNF. Namun, Jarvis yakin Yamaha bukan satu-satunya pihak yang tertarik pada rider 20 tahun itu. Ia memprediksi VR46, yakni tim satelit Ducati, juga ingin mempertahankannya.

“Vietti bisa jadi opsi. Namun, saya rasa ia juga bisa dipertimbangkan Mooney VR46. Saya tak tahu apakah mereka punya tempat untuknya. Mengingat mereka punya Luca Marini dan Marco Bezzecchi, bakal sulit bagi VR46 untuk menemukan tempat untuk Vietti. Tapi ia jelas salah satu rider yang menarik,” ungkap Jarvis.

RNF saat ini dibela oleh Andrea Dovizioso dan Darryn Binder. Tim asal Malaysia ini sangat santer digosipkan ingin beralih menjadi tim satelit Aprilia Racing, namun Yamaha ingin mempertahankan mereka. Jarvis bahkan menyatakan bahwa selain Vietti, ia juga tertarik pada Toprak Razgatlioglu, dan ingin meletakkannya di RNF.

News Feed