by

Bertambah 2 Tuan Rumah Baru, MotoGP di Sirkuit Mandalika Bergeser 15 Oktober

Kalender Kejuaraan  Dunia MotoGP 2023 menggeser Balapan Moto GP Indonesia di Sirkuit Mandalika ke bulan Oktober 2023. Ada dua sirkuit baru musim tahun depan, yakni India dan Kazakhtan.

Total balapan MotoGP 2023 digelar di 18 negara dengan 21 balapan,  sejarah baru lainnya menunggu untuk ditorehkan pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2023.

Kalender sementara untuk MotoGP 2023 ditandai dengan ekspansi ke Asia,  termasuk Kazakhstan dan India. Masuknya dua sirkuit baru menyebabkan GP Aragon dan Finlandia dihapus dari jadwal.

Berbeda dengan musim ini ketika MotoGP Mandalika menjadi balapan kedua, pada musim balap mendatang MotoGP Mandalika baru akan digelar pada paruh kedua.

Hal tersebut sejalan dengan jadwal MotoGP di kawasan Asia Pasifik. Balapan ke-14 akan berlangsung di venue debut Sirkuit Internasional Buddh India pada 22-24 September yang akan dilanjutkan dengan MotoGP Jepang pada 29 September hingga 1 Oktober.

MotoGP Mandalika akan digelar dua pekan berselang setelah MotoGP Jepang. Setelah dari Mandalika, para pembalap akan melanjutkan rivalitas di MotoGP Australia, MotoGP Thailand, dan MotoGP Malaysia.

Balapan dimulai di Portimao (Portugal) dari 24 hingga 26 Maret, tidak dimulai di Sirkuit Losail Qatat karena dipersiapkan untuk fasilitas F1.

Setelah itu, kejuaraan menuju.benua Amerika. Pertama ke Argentina setelah itu  ke Texas.

Kemudian balapan kembali ke Eropa dimulai dari Jerez,   di Le Mans, Mugello, Sachsenring dan Assen. Barcelona tidak menjadi bagian lagi musim depan. MotoGP harus pergi ke Asia dengan Kazakhstan, meski sirkuitnya harus dihomologasi, mulai 7 hingga 9 Juli. Tidak ada jejak MotoGP Finlandia, yang proyeknya belum terwujud.

Setelah  liburan musim panas, selama tiga minggu,  kejuaraan akan kembali ke Eropa, di Silverstone (Inggris Raya) pada bulan Agustus. Disusul Austria dan Catalonia, yang akan terjadi pada September , seperti yang terjadi beberapa tahun lalu. Berikutnya adalah Misano (GP San Marino) sebelum terbang ke Asia.

Pada  22 hingga 24 September, Grand Prix pertama di India  diadakan di.Sirkuit Buddha. Minggu berikutnya, ke Jepang. Kemudian, dengan istirahat seminggu, balapan muaki lagi ke Indonesia di Mandalika, Australia, dan Thailand.

Akan ada libur seminggu sebelum triplet terakhir yakni Malaysia, Qatar dan Valencia , yang akan menutup semuanya dari 24 hingga 26 November.

Dari kalender sementara yang dirilis ini, MotorLand Aragon tak tercantum di dalamnya. Hal ini merupakan langkah Dorna Sports melakukan sistem rotasi terhadap sirkuit-sirkuit di Spanyol yang menjadi tuan rumah MotoGP.

Perihal masuknya India dan Kazakhstan, perlu diketahui bahwa Sirkuit Buddh serta Sirkuit Sokol dalam status subject to homologation. Artinya, kedua trek harus lolos homologasi dan mendapatkan Grade A FIM agar bisa gelar balap Grand Prix.

Kalender Sementara MotoGP 2023:

26 Maret – GP Portugal
2 April – GP Argentina
16 April – GP Amerika
30 April – GP Spanyol
14 Mei – GP Prancis
11 Juni – GP Italia
18 Juni – GP Jerman
25 Juni – GP Belanda
9 July – GP Kazakhstan (menunggu homologasi)
6 Agustus – GP Inggris
20 Agustus – GP Austria
3 September – GP Catalunya
10 September – GP San Marino
24 September – GP India (menunggu homologasi)
1 Oktober – GP Jepang
15 Oktober – GP Indonesia
22 Oktober – GP Australia
29 Oktober – GP Thailand
12 November – GP Malaysia
19 November – GP Qatar (balapan malam hari)
26 November – GP Valencia

News Feed