by

Alvaro Bautista Juara Baru World Superbikes 2022

Biodata dan agama Alvaro Bautista beserta kariernya menjadi perhatian para penikmat dunia balap. Pasalnya rider asal Spanyol itu berhasil mengunci gelar juara dunia WSBK 2022.

Kepastian itu didapat usai Alvaro Bautista berhasil meraih posisi kedua di Race 2 WSBK Mandalika, pada Minggu (13/11/2022) kemarin.

Hasil balapan tersebut membuatnya unggul 66 poin dari rider pesaing terdekatnya, Toprak Razgatlioglu. Gelar juara dunia itu pun menjadi yang pertama bagi pembalap yang kini bergabung di tim Aruba Racing Ducati tersebut.

Biodata dan Agama Alvaro Bautista, Sang Juara Dunia Baru di WSBK 2022

Bernama lengkap Alvaro Bautista Arce atau yang lebih dikenal dengan nama Alvaro Bautista. Dia dilahirkan di Talavera de la Reina, Spanyol, pada 21 November 1984. Di tahun ini, ia akan genap berusia 38 tahun. Usia yang tidak muda lagi untuk seorang pembalap.

Alvaro Bautista merupakan anak dari pasangan Javier Bautista dan Sussana Arce. Kini dia memiliki pasangan yang bernama Grace Barroso. Keduanya menikah sejak tahun 2017 silam. Pasangan Alvaro Bautista dan Grace Barroso sudah dikaruniai dua orang anak perempuan.

Menurut sumber terpercaya, Albaro Bautista menganut agama Kristen. Hal itu dibuktikan dengan salah satu postingan foto di Instagram pribadinya tatkala merayakan Hari Raya Natal bersama keluarganya pada 2021 lalu.

Karier Balapan Alvaro Bautista

Kecintaan Alvaro Bautista terhadap dunia balap sudah tumbuh sejak kecil. Pada usia tiga tahun dia diperbolehkan untuk mengendarai sepeda motor. Setelahnya, Alvaro Bautista ikut kejuaraan balap lokal junior di kota Madrid pada usia delapan tahun.

Tiga tahun berselang, dia berhasil menjuarai balapan di kompetisi tersebut. Alvaro Bautista juga dapat tampil di pentas Movistar Activa Jover Cup 2022. Dia tampil impresif di kejuaraan debutnya pada Grand Prix kelas 125cc bersama tim Aprilia.

Kesuksesannya berlanjut di kelas 125 cc pada musim 2006. Alvaro Bautista berhasil menjadi juara dunia di kelas motor tersebut. Rider kelahiran Spanyol itu naik ke kelas 250cc dan membalap selama tiga musim sebelum menembus MotoGP pada tahun 2010.

Namun sayang, banyak yang menilai jika pembalap kelahiran 21 November 1984 itu mengalami penurunan performa yang drastis. Di musim debutnya, Alvaro Bautista dan tim Suzuki hanya mampu finis di peringkat ke-13. Dirinya kerap menghabiskan waktu di ruang perawatan.

Hasil buruk itu kembali didapatkan pada musim berikutnya. Untuk menyudahi rentetan hasil buruknya itu, Alvaro Bautista memutuskan untuk pindah pabrikan ke Honda (2012-2014), Aprilia (2015-2016) dan Ducati (2017-2018).

Namun hasilnya sama saja, Alvaro Bautista kembali meraih hasil minor di setiap musimnya. Ia juga kalah bersaing dengan nama-nama rider yang sedang naik daun kala itu seperti Case Stoner, Jorge Lorenzo, Marc Marquez hingga sang legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Alvaro Bautista memutuskan untuk pindah ke dunia balap WSBK atau World Superbike pada 2019. Di musim perdananya ia mampu tampil impresif bersama tim Ducati. Dia sempat pindah ke tim Honda pada 2020.

Kemudian, Alvaro Bautista kembali ke tim lamanya, Ducati, dan meraih gelar juara dunia WSBK 2022 dengan mengumpulkan 553 poin dengan rincian 55 podium, 12 kemenangan race dan 2 kemenangan Superpole Race.

News Feed