by

3 Pembalap yang Diprediksi Kuat Calon Juara MotoGP 2021

MotoGP 2021 direncanakan bakal bergulir dalam 20 seri. Meski masih menunggu kondisi Covid-19, Dorna selaku promotor MotoGP ingin agar balapan paling dinanti di seluruh dunia ini bisa kembali normal.

Setelah terganggu Covid-19 pada 2020, Dorna masih beruntung bisa menggelar MotoGP 2020. Dorna sukses menjalankan balapan hanya di Eropa dan Joan Mir keluar sebagai juara.

Suzuki mengakhiri penantian 20 tahun setelah terakhir kali merebut juara pada 2000 lalu. Suzuki juga membuktikan bisa menjadi pesaing buat pabrikan-pabrikan motor lainnya yang lebih besar.

Absennya Marc Marquez disinyalir menjadi penyebab “liarnya” persaingan perebutan juara MotoGP 2020 lalu. Lantas bagaimana dengan persaingan di 2021?

MotoGP 2021 menampilkan tantangan menarik karena ada beberapa pembalap yang berpindah tempat. Contohnya Valentino Rossi yang turun ke tim satelit Petronas Yamaha meski dia masih disokong tim pabrikan. Siapa saja pembalap yang berpotensi rebut juara MotoGP?

1. Joan Mir

Joan Mir pantas disebut lagi sebagai pembalap favorit untuk meraih gelar juara MotoGP. Disokong penuh Suzuki, satu kekurangan Joan Mir musim ini yaitu hilangnya manajer Davide Brivio.

Brivio dikenal sebagai motivator ulung bagi Suzuki. Gabung dari nol pada 2015, Brivio akhirnya meninggalkan Suzuki untuk memulai karier di Tim F1.

Meski begitu, Joan Mir sudah membuktikan kemampuannya di 2020. Memang persaingan tidak melibatkan Marc Marquez, namun pembalap asal Spanyol itu sudah menunjukkan konsistensi yang luar biasa saat balapan.

Hanya menang satu kali, tapi meraih 8 podium membuat Joan Mir sukses merebut juara musim lalu.

2. Pol Espargaro

Mantan pembalap KTM ini memang hanya berada di posisi keempat klasemen MotoGP musim lalu. Meski begitu, Espargaro sudah menunjukkan potensinya untuk menjadi pesaing yang kuat musim ini.

Apalagi, pembalap 29 tahun ini bergabung dengan Repsol Honda. Honda ingin kembali ke trek di 2021 meski Marc Marquez mungkin masih absen selama beberapa bulan usai jalani operasi ketiga di tangan kanannya.

Karena itu, Pol Espargaro bakal jadi andalan di 2021. Masih teka teki apakah Honda bakal menambah pembalap atau tidak. Rumor menyebut, Honda ingin mengontrak Andrea Dovizioso yang sedang menganggur saat ini.

3. Franco Morbidelli

Pada MotoGP 2020, Franco Morbidelli tampil mengejutkan. Dia berhasil merebut posisi dua klasemen akhir MotoGP 2020.

Uniknya, Morbidelli menggunakan motor A Spec atau bukan motor pabrikan untuk merebut posisi dua MotoGP 2020. Rekannya saat itu, Fabio Quartararo sempat iri karena ingin kembali menggunakan motor spek lama

Morbidelli akan menggunakan motor spek lama di MotoGP 2021. Itulah mengapa dia wajib diperhitungkan. Apalagi sang mentor Valentino Rossi sudah satu garasi dengan dirinya di Petronas Yamaha.

News Feed